Sekilas tentang MRSA (Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus)

Gambaran Bakteri MRSA

MRSA (Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus) adalah salah satu tipe bakteri Staphylococcus yang ditemukan pada kulit dan hidung yang kebal terhadap antibiotik.

Setiap tahunnya lebih dari 90.000 warga Amerika Serikat berpotensi terinfeksi bakteri ini. Jumlah kematian akibat infeksi bakteri MRSA lebih banyak dibandingkan dengan angka kematian akibat AIDS.

Saat ini diketahui ada dua tipe dari MRSA seperti dikutip dari Stopmrsanow, Kamis (1/10/2009), yaitu: Healthcare-Associated (HA-MRSA) yang biasanya ditemukan di rumah sakit dan tempat-tempat kesehatan lainnya. Serta Community-Associated (CA-MRSA) yang baru-baru ini ditemukan penyebarannya pada tempat-tempat umum seperti tempat fitnes, tempat penyimpanan barang (loker), sekolah dan perabotan rumah tangga.

Bakteri MRSA biasanya menginfeksi orang atau anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, jika daya tahan tubuhnya tinggi tidak akan menimbulkan gejala apapun. Bakteri yang dibawa oleh orang tersebut bisa berpindah ke orang lain dan menyebar dengan mudah melalui kontak kulit dan menyentuh barang yang sudah terkontaminasi.

MRSA sama seperti bakteri Staphylococcus lainnya, yang terlihat seperti infeksi kulit, jerawat, ruam, bisul atau gigitan laba-laba. Infeksi ini biasanya menyakitkan, merah dan bengkak. Infeksi ini bisa dengan cepat masuk ke dalam tubuh, menimbulkan bengkak yang menyakitkan. Bakteri ini dapat menembus ke dalam tubuh sehingga berpotensi menyebabkan infeksi pada tulang, sendi, luka bedah, aliran darah, jantung dan paru-paru yang bisa mengancam jiwa.

Infeksi MRSA lebih sering menyebar di masyarakat, bahkan diantara anak-anak dan orang dewasa yang sehat sekalipun. Karena bakteri ini bisa menyebar dalam jarak yang dekat.

Gambaran Luka MRSA

Gambaran Luka MRSA

www.perawatpintar.web.id

Bagaimana MRSA menyebar?

Bakteri MRSA dapat menyebar melalui:

  • Menyentuh kulit atau luka yang terinfeksi dari siapa saja yang telah MRSA
  • Berbagi objek seperti handuk atau peralatan atletik dengan seseorang yang memiliki MRSA

MRSA hampir selalu ditularkan melalui:

  • Fisik kontak dan dapat disebarkan oleh batuk atau bersin, dll
  • Jika Anda memiliki MRSA di hidung Anda, Anda dapat menyebarkan bakteri hanya dengan menyentuh hidung Anda dan kemudian orang lain.

Apa yang terlihat seperti infeksi MRSA?

  • MRSA ditemukan bakteri terutama pada kulit, di hidung, di luka, atau di darah dan air seni.
  • Mereka juga dapat ditemukan di tempat tubuh lainnya. Hal ini paling mungkin menyebabkan infeksi ketika seseorang memiliki luka di kulit atau luka terbuka lainnya yang mana bakteri dapat masuk ke dalam tubuh.

Kondisi kulit yang disebabkan oleh MRSA umum meliputi:

  • Terinfeksi luka
  • Bisul
  • Folikel rambut yang terinfeksi
  • Fluida lepuh diisi (impetigo)
  • Kulit sakit yang mirip gigitan serangga

Gambaran Luka MRSA

Bagaimana MRSA Didiagnosis?

Contoh kulit, contoh nanah dari luka, atau darah, urine, atau bahan biopsi (sampel jaringan) akan dikirim ke laboratorium mikrobiologi dan dikultur untuk S. aureus. Jika S. aureus yang diisolasi (tumbuh di piring petri), bakteri tersebut kemudian terkena antibiotik yang berbeda termasuk methicillin dan S. aureus tumbuh dengan baik di Methicillin dalam kultur yang disebut MRSA, dan pasien didiagnosis terinfeksi MRSA. Prosedur yang sama juga dilakukan untuk menentukan apakah seseorang merupakan pembawa MRSA (skrining untuk carrier), tetapi sampel kulit atau selaput lendir hanya diswab, tidak dibiopsi.

Pada tahun 2008, US Food and Drug Administration (FDA) menyetujui tes darah yang cepat yang  dapat mendeteksi keberadaan bahan MRSA genetik dalam sampel darah sebagai hanya dua jam.

Tes  ini juga dapat menentukan apakah bahan genetik dari MRSA Staph atau dari bakteri berbahaya/tidak. Tes ini tidak direkomendasikan untuk digunakan dalam memantau pengobatan infeksi MRSA dan tidak boleh digunakan sebagai dasar tunggal untuk diagnosis infeksi MRSA.

Bagaimana MRSA Diobati?

Minor infeksi MRSA kadang-kadang dapat mengalami komplikasi serius seperti menyebar infeksi ke jaringan sekitarnya, abses, atau darah, tulang, atau jantung infeksi.

Karena MRSA yang tahan terhadap antibiotik banyak, akan sulit untuk mengobati. Namun, beberapa antibiotik berhasil dapat mengendalikan infeksi MRSA adalah penting untuk mengambil semua dosis antibiotik Anda, bahkan jika infeksi semakin baik.

Beberapa pil beberapa hari lalu dapat membunuh kuman terberat. Beritahu dokter jika Anda tidak mendapatkan kondisi yang lebih baik dalam beberapa hari atau jika Anda mulai merasa memburuk.

Beberapa orang dapat membawa MRSA di hidung mereka tetapi tidak memiliki gejala dari infeksi. Mereka biasanya tidak memerlukan pengobatan, tetapi harus mengetahui bagaimana melindungi diri mereka sendiri dan orang lain menjadi sakit.

download ebook MRSA

Apakah saya perlu melakukan hal khusus ketika infeksi itu hilang?

Setelah infeksi telah teratasi, bakteri MRSA masih dapat hidup dalam Anda hidung. Anda masih perlu mengambil tindakan untuk mencegah penyebaran bakteri MRSA dari hidung anda ke orang lain.

Cuci tangan sesering mungkin, terutama setelah menyentuh hidung Anda. Bila Anda batuk, tutup hidung dan mulut dengan tisu.

Buang tisu dalam sebuah keranjang sampah dan cuci tangan Anda. Jika Anda terinfeksi kembali atau jika Anda memiliki infeksi baru yang mirip kemudian, tutup area dengan kassa (jika itu adalah infeksi kulit). Hubungi dokter sesegera mungkin. Katakan pada dokter bahwa Anda telah terkena infeksi MRSA di masa lalu.

Gambaran Abses MRSA

Bagaimana MRSA dapat dicegah?

Cara terbaik untuk mencegah MRSA adalah untuk cuci tangan sering. Jika Anda tidak memiliki sabun dan air, Anda dapat membunuh kuman Staph MRSA atau dengan menggunakan alkohol berdasarkan pembersih tangan. Anda juga harus memikirkan di mana bakteri MRSA pada badan Anda.

Jika Anda memiliki infeksi kulit, Anda harus menjaga daerah yang ditutupi dengan kassa kering dan pakaian.

Ubah perban sesering mungkin, terutama jika kassa menjadi basah. Pastikan drainase (nanah atau cairan) yang keluar dari luka Anda tidak bisa ke lain orang atau benda yang lain akan menyentuh.

Setelah Anda menyentuh tempat infeksi, cuci tangan anda segera. Jika MRSA dalam paru-paru Anda, tutup mulut Anda dengan tisu saat batuk. Buang tisu di tempat sampah dan cuci tangan Anda.

Jika MRSA adalah dalam urin Anda, pastikan untuk membersihkan kamar mandi Anda dengan baik. Jika orang lain yang menangani urin Anda, mereka harus menggunakan sarung tangan dan mencuci tangan mereka dengan baik sesudahnya.

download ebook MRSA

Mencegah Penyebaran MRSA di rumah:

  • Bersihkan permukaan dan daerah umumnya menyentuh lainnya (tombol pintu, sakelar lampu, dll) dengan disinfektan sering.
  • Jika cairan tubuh seperti pada drainase luka naik di permukaan, bersihkan dan disinfeksi permukaan tersebut dengan baik.
  • Jangan berbagi handuk, pisau cukur, sikat gigi, atau barang pribadi lainnya.
  • Ubah linen Anda sering, terutama jika Anda memiliki luka.
  • Saat mengambil pakaian kotor atau pakaian, terus menjauh dari tubuh Anda untuk mencegah kuman MRSA ke pakaian Anda.
  • Jika linen atau pakaian yang terkontaminasi dengan cairan tubuh seperti luka drainase, cuci mereka terpisah dari sisa pakaian keluarga.
  • Gunakan air panas dan pemutih untuk cuci. Menggunakan pengering panas juga dapat membantu membunuh bakteri.
  • Untuk sampah pisahkan
    • Terkontaminasi, seperti perban dan jaringan, dapat terpisah dari sampah biasa Anda.
    • Untuk mencegah orang lain datang dan kontak dengan sampah ini, pastikan sudah di kantong plastik dan diikat dengan aman.

Mencegah Penyebaran MRSA di Komunitas:

  • Orang dengan infeksi MRSA aktif harus tinggal di rumah sampai mereka mampu benar-benar menutup drainase dengan perban.
  • Jika Anda harus meninggalkan rumah Anda:
    • Tutup semua luka dengan bersih dan perban kering. Jika memungkinkan terus perban ditutup dengan pakaian.
    • Cuci tangan dengan alkohol hand sanitizer sehingga Anda dapat membersihkan tangan anda jika air tidak tersedia.
  • Jangan bekerja di sebuah gym publik.
  • Anak-anak sekolah tidak boleh mengambil bagian dalam olahraga kontak. Berkeringat dapat menyebabkan perban untuk longga dan menyebabkan kontak kulit-kulit atau kulit-ke-peralatan kontak sehingga bakteri menyebar..
  • Jangan menggunakan sauna publik, bak mandi air panas atau kolam renang.
  • Hindari pelayanan perawatan pribadi (rambut, manikur, pijat) di mana Anda bisa penyebaran infeksi kepada orang lain sampai luka Anda telah sembuh.

Referensi:

http://www.medicinenet.com/mrsa_infection/page4.htm#diagnosed

http://optimalhealthusa.com/MRSAInformation.html

http://health.detik.com/read/2009/10/01/143829/1212925/763/ganasnya-bakteri-mrsa

http://www.ziddu.com/download/11262484/MRSA.pdf.html

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)
The following two tabs change content below.
Admin dan Founder website Perawat Pintar (http://www.perawatpintar.web.id) yang ingin memajukan dunia keperawatan Indonesia dengan berbagi ilmu yang dimiliki.

Admin dan Founder website Perawat Pintar (http://www.perawatpintar.web.id) yang ingin memajukan dunia keperawatan Indonesia dengan berbagi ilmu yang dimiliki.

Posted in E-book, Info Kesehatan Tagged with: , , , , , , , , , , , ,
4 comments on “Sekilas tentang MRSA (Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus)
  1. I dig this piece. I really learned so much. I’ll ask buddies to check it too.

  2. AmericanHealthJournal is interested in partner sites in the health field. American Health Journal is a health website with a large library of high quality health care videos. We are seeking site owners who may be interested in featuring our videos. We can offer content exchanges, link exchanges, and exposure to your brand. Get in touch with us at our contact page on our website.

  3. Alisha says:

    Di sebuah RS di Yogyakarta ada pasien yang teridentifikasi penyakit ini… Dan dia tidak dimasukkan di ruang isolasi… Hanya di ruang rawat inap biasa… Bagi yang memiliki channel ke dinkes atau dimanapun, tolong di share kan… Karena tindakan mereka sangat tidak serius… Kasihan perawat yang bekerja disana dan pasien juga… Keluarga saya dirawat disana dan saya bekerja di medis jadi mengetahui penyakit ini… RS tidak berpikir keamanan perawat!!!! Laporkan ke lembaga terkait… Mohon bantuannya.

  4. I’ll instantly seize ones feed once i aren’t able to find your e-mail subscription web page link or perhaps newsletter support. Do you could have just about any? I implore you to allow everyone know so I might signed up. Thanks a lot.

Leave a Reply

Anda Pengunjung Ke

Berita via Email

Masukkan email anda disini:

Delivered by FeedBurner

Kalender

August 2010
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Harga Web Ini


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?

Media Advertise Paling Murah

MP3 Gratis dan Usaha Gratis





Dapatkan uang dengan klik disini



Mau bisnis enak dan murah? Klik aja gambar dibawah

Statistik Pengunjung

free counters

Dapatkan uang secara online


%d bloggers like this: