Permenkes no.1796/2011 tentang Surat Tanda Registrasi

Assalamualaikum.

Rekan-rekan Perawat Indonesia mungkin sering mendengar kata “STR” yang saat ini menjadi topik yang hangat di kalangan perawat baik di klinik maupun pendidikan. Kali ini www.perawatpintar.web.id akan membahas mengenai apa itu STR dan juga dasar dari dikeluarkannya STR. Semoga bisa bermanfaat.

Dasar dari adanya STR ini adalah Permenkes no.1796 tahun 2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan. Dasar perlunya dikeluarkan ini adalah

1) Pasal 23 ayat (5) Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan, dan dalam rangka pemberian izin, perlu mengatur registrasi tenaga kesehatan;

2) Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 161/Menkes/Per/I/2010 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan perlu disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan hukum. Dua hal inilah yang menjadi dasar perlunya menetapkan Peraturan Menteri Kesehatan tentang Registrasi Tenaga Kesehatan.

STR itu apa to? Mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya dan paling jawabannya hanya Surat Tanda Registrasi. Lalu fungsinya apa? Mari kita bahas lebih dalam tentang STR.

Menurut Permenkes 1796 tahun 2011, STR adalah “Surat Tanda Registrasi yang selanjutnya disingkat STR adalah bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah kepada tenaga kesehatan yang telah memiliki sertifikat kompetensi”. Sedangkan arti kata Registrasi menurut Permenkes 1796 tahun 2011 adalah “Registrasi adalah pencatatan resmi terhadap tenaga kesehatan yang telah memiliki sertifikat kompetensi dan telah mempunyai kualifikasi tertentu lainnya serta diakui secara hukum untuk menjalankan praktik dan/atau pekerjaan profesinya”.

Dari penjabaran dua definisi tadi jadi penulis ambil kesimpulan bahwa dengan teregistrasi kita telah diakui secara hukum untuk menjalankan praktik dan/atau pekerjaan profesi kita yaitu perawat dan dibuktikan dengan bukti tertulis yaitu STR.

Dengan adanya STR ini harapan pemerintah adalah dapat mengatur regulasi secara hukum terhadap praktik profesi kesehatan sehingga pemerintah dapat menjaga kualitas tenaga kesehatan dengan memberikan sertifikat kompetensi yang menunjukkan bahwa tenaga tersebut kompeten terhadap pekerjaannya sehingga rakyat Indonesia mendapat pelayanan yang terbaik dari tenaga kesehatan yang kompeten sesuai dengan bidang profesinya.

Peran organisasi profesi di keperawatan yaitu PPNI sangat penting dalam hal ini yaitu sosialisasi tentang STR, melakukan uji kompetensi serta harus berkolaborasi dengan AIPNI (Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia) maupun asosiasi pendidikan diploma keperawatan (untuk yang diploma, penulis belum temukan saat googling-pen) untuk mencetak lulusan keperawatan yang kompeten. Jangan sampai lulusan banyak namun tidak kompeten dan tidak teregistrasi lalu mereka akan dikemanakan??!! Oleh karena itu PR besar bagi dunia keperawatan untuk menjadi lebih baik lagi dalam pendidikan maupun pelayanan.

Jangan sampai ini terjadi pada anak-anak kita!!

Semoga tulisan yang sedikit ini dapat sedikit memberi gambaran tentang apa itu STR, dasar, dan apa tujuannya sehingga dapat membuka mata kita bahwa profesi kita masih harus berbenah agar tidak ketinggalan dengan profesi lain. dan pembenahan penddidikan untuk mencetak perawat yang kompeten.

Majulah perawat Indonesia dan mari kita songsong keperawatan Indonesia yang lebih baik dengan sinergisitas antara elemen pendidikan dan pelayanan karena pendidikan dan pelayanan itu sebenarnya satu dan tidak terpisah.

HIDUP PERAWAT INDONESIA!!!!

Untuk mendownload Permenkes tahun 1796 tahun 2011 bisa mendownload dengan mengklik gambar dibawah ini.

Bagi anda yang di Jakarta ada juga Petunjuk Teknis Pelaksanaan Permenkes 1769 tahun 2011. Bisa didownload dengan mengklik gambar dibawah ini.

Semoga Bermanfaat!!

Jika anda suka dengan web site ini, dukung kelangsungan web ini dengan mengirimkan donasi anda disini

HIDUP PERAWAT INDONESIA!!!

Wassalamualaikum.Wr.Wb

 

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)
The following two tabs change content below.
Admin dan Founder website Perawat Pintar (http://www.perawatpintar.web.id) yang ingin memajukan dunia keperawatan Indonesia dengan berbagi ilmu yang dimiliki.

Admin dan Founder website Perawat Pintar (http://www.perawatpintar.web.id) yang ingin memajukan dunia keperawatan Indonesia dengan berbagi ilmu yang dimiliki.

Posted in Info Keperawatan, Info Kesehatan Tagged with: , , , , , , , , ,
8 comments on “Permenkes no.1796/2011 tentang Surat Tanda Registrasi
  1. nevin says:

    mksh infonya Ery.. blh bantu share ya? trims.

  2. sEMANGAN Perawat Indonesi.

  3. terima kasih info yg sangat bermanfaat bagi dunia kita.

  4. tetap semngat perawat… jika kita sendiri sebagai perawat merasa rendah dan tdk percaya diri sebagai perawat, bagaimana profesi lain akan menghargai kita…. jadi perawat pintar semoga tetap eksis untuk tersu memberi informasi tentang keperawatan….yakinlah tidak ada yg sia-sia…sekecil apapun itu tetap sangat berharga……insyaAllah, ayo semngat perawat..terus maju [antang mundur..mari berbenah utk memeprabiaki segalax agar kita diaskui dan bisa bersaing..

  5. ayak says:

    kalau temen yang lulusan SPK tahun gak Enak gimana ?

  6. EL says:

    semangat terus untuk perawat indonesia, jangan pernah berhenti untuk terus belajar, agar keperawatan di indonesia semakin maju….

Leave a Reply

Anda Pengunjung Ke

Berita via Email

Masukkan email anda disini:

Delivered by FeedBurner

Kalender

February 2012
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Harga Web Ini


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?

Media Advertise Paling Murah

MP3 Gratis dan Usaha Gratis





Dapatkan uang dengan klik disini



Mau bisnis enak dan murah? Klik aja gambar dibawah

Statistik Pengunjung

free counters

Dapatkan uang secara online


%d bloggers like this: