Point Penting Pemutihan STR Perawat: Sebuah Share Dari Web PPNI

Assalamualaikum.

Setelah kemarin www.perawatpintar.web.id membahas tentang apa itu Permenkes 1769/2011 tentang STR serta fungsinya sehingga timbul banyak pertanyaan di kalangan perawat tentang bagaimana mendapatkan STR? Bagaimana yang SIPnya masih baru dan berlaku? Kali ini www.perawatpintar.web.id akan membahas tentang Pemutihan STR Bagi Perawat yang bersumber dari website PPNI.

POINT PENTING PEMUTIHAN STR PERAWAT

Menindaklanjuti beragam informasi dan kesimpangsiuran mengenai proses pengurusan pemutihan STR, berikut Point-pont penting yang harus menjadi perhatian bagi seluruh perawat untuk mengurus pemutihan STR.

1.    Setiap Tenaga Kesehatan yang akan melakukan Praktik/Pekerjaan Profesinya Wajib Mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) yang dikeluarkan oleh MTKI.


2.    Untuk Lulusan Pendidikan perawat  tahun 2012 keatas, Syarat diberikan STR adalah Ijazah  yg dikeluarkan institusi Pendidikan Tenaga Kesehatan dan Sertifikat    Kompetensi dikeluarkan oleh MTKP atas nama MTKI melaui Uji  kompetensi secara Exit Exam (dalam Proses Pendidikan).

3.    Perawat yang Lulus Pendidikan Perawat sebelum tahun 2012 baik yang telah mempunyai SIP ataupun belum mempunyai SIP, akan dilakukan pemutihan tanpa uji kompetensi dan kepadanya diberikan STR sesuai dengan PERMENKES 1796/2011.Syarat Pemutihan yaitu :
a.    Ijazah Perawat terakhir  (SPK/DIII/Ners/Ners Spesialis)yg dilegalisir    : 2 lembar
b.    Pas Foto 4×6 latar belakang merah 3 Lembar

4.    Pemutihan diajukan langsung ke MTKI secara kolektif oleh Organisasi Profesi / PPNI, Institusi Pelayanan, dan Institusi Pendidikan.
Bagi seluruh Perawat harap berkoordinasi dengan PPNI Propinsi dan atau/ PPNI Kab/Kota  melakukan pengajuan STR secara kolektif, karena akan memudahkan pengurus dan anggota pada saat reregistrasi 5 tahun akan datang.

5.    STR berlaku selama 5 tahun, dan dan diperpanjang setelah 5 tahun sesuai dengan tanggal kelahiran, dengan syarat Sertifikat Kompetensi yang diperpanjang.

6.    Persyaratan Perpanjangan sertifikat Kompetensi adalah Perawat harus mengumpulkan Satuan Kredit Profesi  (SKP) sebanyak 25 SKP selama 5 tahun sesuai dengan ketentuan PPNI, SKP didapatkan melalui partisipasi kegiatan Pendidikan/Pelatihan dan Kegiatan ilmiah Keperawatan lainnya.

7.    Kontak Person anggota MTKI dari PPNI :

  • Harif Fadhillah ———081284200424,
  • Rita Sekarsari ———- 08151626004,
  • Junaiti Sahar ———– 081219022323.

Referensi:

http://www.inna-ppni.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=46: point-penting-pemutihan-str-perawat&catid=36:berita&Itemid=1

Semoga Bermanfaat!!

Jika anda suka dengan web site ini, dukung kelangsungan web ini dengan mengirimkan donasi anda disini

HIDUP PERAWAT INDONESIA!!!

Wassalamualaikum.Wr.Wb

 

 

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)
The following two tabs change content below.
Admin dan Founder website Perawat Pintar (http://www.perawatpintar.web.id) yang ingin memajukan dunia keperawatan Indonesia dengan berbagi ilmu yang dimiliki.

Admin dan Founder website Perawat Pintar (http://www.perawatpintar.web.id) yang ingin memajukan dunia keperawatan Indonesia dengan berbagi ilmu yang dimiliki.

Posted in Info Keperawatan Tagged with: , , , , , , , , , ,
3 comments on “Point Penting Pemutihan STR Perawat: Sebuah Share Dari Web PPNI
  1. rikha says:

    Selamat siang rekan perawat,

    perkenalkan saya Rikha Nurlinda, berkaitan dengan pengurusan STR. Saya sudah mengurus STR dari Desember 2011 tetapi saat ini (18/09/2013) saya belum mendapatkan kabar apapun tentang pengerjaan STR. untuk dapat mengetahui penyelesaiannya, kira-kira saya harus menghubungi siapa?

    Terima kasih

    Salam Perawat Indonesia

  2. intan says:

    saya juga pernah mengurus STR perawat thun 2011 lalu tpi sampai saat ini tdk ada kejelasan, saya pun bingung mau tanya kejelasan nya itu dimana secara SIP tidak berlaku apalagi saat ini STR merupakan salah satu syarat mengikuti test CPNS,, mohon ada balasan, terima kasih sebelumnya..

  3. Eri Yanuar says:

    Untuk mengecek STR silahkan cek ke MTK Daerah melalui PPNI wilayah anda :)

Leave a Reply

Anda Pengunjung Ke

Berita via Email

Masukkan email anda disini:

Delivered by FeedBurner

Kalender

February 2012
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Harga Web Ini


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?

Media Advertise Paling Murah

MP3 Gratis dan Usaha Gratis





Dapatkan uang dengan klik disini



Mau bisnis enak dan murah? Klik aja gambar dibawah

Statistik Pengunjung

free counters

Dapatkan uang secara online


%d bloggers like this: